Berita Berita Internasional

Memperingati 70 Tahun Hubungan Diplopmatik Indonesia-Inggris Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Menteri Luar negeri di Inggris yaitu bernamakan jeremy hunt telah menyatakan bahwa Indonesia adalah bisa dikatakan teman baik di negara ratu elizaabeth tersebut. Karena hal tersebut telah tersampaikan menteri luar negeri saat sedang melakukan pertemuan bilateralnya dengan menteri luar negeri RI yaitu Retno Marsudi di London 18/6/2019.

Ujar jeremy hunt seperti keterangan yang diterima “Indonesia adalah teman baik Inggris” ujarnya. Menteri luar negeri RI juga telah menjalankan peringatan 70 tahun hubungan dari diplopmati dari kedua negara tersebut yang menjadikan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kerjasamanya, terutama pada bidang perdagangan dan juga di bidang investasi.

Selain itu juga kersama dari bidang pendidikan juga telah ditingkatkan yang ujarnya “Dalam kurun 5 tahun ke depan, akan ada pengembangan sumber daya manusia akan menjadi fokus pembangunan Indonesia” ujar menteri luar negeri Retno. Paska hingga Brexit pun Inggris juga telah memberikan komitmen bahwa untuk lebih meningkatkan hubungan dengan indonesia termasuk juga dalam bidang ekonomi. Kedua menteri tersebut memang sudah menyampaikan bahwa komitmennya dalam bekerja sama menjadikan bagian dari solusi untuk mendorong penyelsaian sejumlah isu internasional.

Terutama isu internasional selama indonesia duduk sebagai anggota DK PBB. Indonesia juga telah mengharapkan dari dukungan Inggris bagi pencalonan Indonesia di Dewan Hak asasi Manusia untuk periode 2020 – 2022. Menteri luar negeri yaitu hunt juga menyampaikan keiinginannya untuk berkunjung ke Indonesia.

Ada pun komtemen kemitraan yaitu menteri luar negeri RI Retno marsudi bersama mendikdub RI Muhadjir effendi telah berkesempatan hadir dalam forum kemitraan RI – Inggris di London. Memang keduanya telah ditemui langsung oleh wakil perdana menteri inggri yaitu David Lidington dan menteri urusan Asia Pasifik Inggris yaitu Mar Fiel.

“Bahwa Partnership forum Indonesia-inggri telah menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kemitraan bilateral di masa mendata” ujar retno saat memberi keterangannya. Dalam kesempatan itu juga Indonesia dan inggri telah menyepakati dari penguatan hubungan bilateral di berbagai bidang, termasuk juga dari dukungan inggris dalam upaya peningkatan kualitas dari sumber daya manusia melalui kerja sama di bidang pendidikannya.

Kerja sama tersebut memang merupakan tindak lanjutan dari prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah memberikan penekanan pada peningkatan sumber daya manusia tersebut. “Pertemuan telah memberikan perhatian yang lebih tehadap peningkatan kerja sama perdaganan, investasi, pendidikan, maupun keamanan siber ujar menlu Retno tersebut”.

Setelah itu selain membahas dari kerja sama pendidikan, Partnership forum juga telah membahas sektor prioritas kerja sama lainnya seperti dari potensi kerja sama ekonomi dan juga perjanjian perdaganan di antara keduanya negara pasca rencana keluarnya inggris dari UNI erop tersebut. Negara Inggris juga telah menegaskan kembali dari posisi Indonesia sebagai mitra strategis inggris terutamanya dalam penanganan isu pemberantasan terorisme dan juga isu-isu perubahan iklim serta kecenderungan peningkatan intoleransi di dunia

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy