Liga Inggris

Guendogan : VAR Tidak Hanya Mengubah Sepakbola Pemain, Tapi Juga Penonton

Guendogan : VAR Tidak Hanya Mengubah Sepakbola Pemain, Tapi Juga Penonton

Bolasepak.co.id, Manchester – Penerapan Video Assistant Refree (VAR) dalam sepakbola menuai pro dan juga kontra. Ilkay Guendogan selaku pemain Manchester City menilai bahwa VAR telah mengubah sepakbola.

City telah merasakan dampak dari penggunaan VAR di Liga Inggris. Pasalnya, The Citizens harus batal menang atas Tottenham Hotspur lantaran gol dari Gabriel Jesus pada menit akhir laga di Etihad Stadium dianggap tidak sah (dianulir), tepatnya pasca wasit Michael Oliver merujuk pada VAR. Skor akhir antara City lawan Spurs imbang 2-2.

Penerapan VAR, menjadikan kebiasaan para pemain berubah. Salah satunya diungkap oleh pemain Brighton dan Hove Alboin, Lendro Trossard. Dirinya tidak bisa langsung elakukan selebrasi pasca The Seaguls membobol gawang Southampton pada menit ke-39.

Pada dasarnya, Guendogan mengaku bahwa penggunaan VAR mempermudah tugas wasit. Akan tetapi, perdebatan dalam sepakbola tidak bisa dihilangkan meski dengan VAR wasit berusaha untuk membuat keputusan paling benar.

Maka dari itu, pemain berpaspor Jerman tersebut meminta adanya peningkatan dalam penggunaan tayangan ulang. Khususnya bagi wasit dalam menilai sebuah kejadian dalam pertandingan.

“VAR mengubah sepakbola tak cuma untuk pemain, tapi juga untuk penonton dan semua orang yang mencintai pertandingan. Sialnya, itu mengambil alasan utama mengapa kita semua mencintai sepakbola, dan itu emosinya,” ucap Guendogan di The Sun.

“Saya bukan fan beratnya meski kita tak bisa menampik bahwa itu bisa membantu wasit. Tapi, masalah besarnya adalah meski saat insiden telah dirujuk ke VAR, masih belum ada penilaian yang jelas.” imbuhnya.

“Setelah pertandingan, kita masih mendiskusikan apakah itu gol, penalti, atau offside. Dan saya melihat hal ini berubah bahkan dengan VAR,” lanjutnya.

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy